Palembang – Pernikahan pria bernama Jek (24) dengan dua wanita sekaligus, Linda (20) dan Vivin (19), di Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel), viral. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel memberi nasihat kepada pasangan baru tersebut.

“Artinya ikuti sunah Rasul. Ada kewajiban, harus mampu, yaitu mampu secara fisik dan mampu secara material. Karena itu (pernikahan) membawa tanggung jawab,” ucap Ketua MUI Sumsel Aflatul Muchtar kepada wartawan, Jumat (10/9/2021).

Meski memiliki dua istri diperbolehkan dalam Islam, pria yang ingin menikahi lebih dari satu wanita harus memperhatikan ketentuan usia. Dia mengatakan usia menjadi salah satu perhatian dalam pernikahan karena berkaitan dengan kesejahteraan.

“Ada ketentuan umur, kenapa? Itu juga untuk kesejahteraan dan kebahagiaan bagi pengantin. Jadi yang diikuti bukan nafsu,” katanya.

Dia mengatakan Islam mengajarkan soal empat alasan seseorang pantas dinikahi. Salah satu yang paling penting adalah agama seseorang.

“Ingat ya, wanita itu dinikahi karena empat. Yang pertama karena nasabnya, kedua karena harta, ketiga karena keturunan, dan yang keempat, ini yang terpenting, adalah karena agamanya. Yang paling utama itu agamanya, menurut Rasul,” terangnya.

“Karena apa, karena agama merupakan kunci untuk membawa ketenangan batin dan membawa ketenangan duniawi dalam pernikahan,” sambungnya.

Dia kemudian memberi nasihat kepada Jek, yang hendak mengajak Linda dan Vivin tinggal bersama. Aflatul mengingatkan bersikap adil dari sisi materi dan batin adalah hal yang sulit.

“Sekarang dia mampu tidak? Jangan sampai terjadi kecekcokan. Ya kalau bisa damai, no problem. Mungkin secara material bisa damai, tapi kalau secara batin saya kira belum tentu. Kalau adil secara duniawi mungkin saja, tapi kalau hati, siapa yang tahu,” ucap Alfatul.

Sebelumnya, video viral soal seorang pria menikahi dua wanita sekaligus di Sumsel viral. Pria tersebut tampak bahagia setelah menggelar akad nikah di kediamannya. Kedua wanita tersebut terlihat berada di sisi kanan dan kiri mempelai pria.

“Pernikahan itu benar adanya, akad nikah sekitar pukul 10.00 WIB, lokasinya itu di Kampung 2, Desa Muara Saling,” kata Camat Saling, Kabupaten Empat Lawang, Salman Alfarisy Anwar, saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (9/9).

Cerita Jek soal Pernikahan dengan 2 Wanita

Jek juga telah buka suara soal pernikahannya dengan Linda dan Vivin. Jek memberi mahar 1,5 gram emas ke masing-masing wanita yang dinikahinya.

Jek mengaku lebih dulu kenal dengan Linda di Jakarta saat mereka sama-sama bekerja pada Desember 2020. Jek kemudian pulang kampung ke Sumsel pada Juli 2021. Saat itulah dia bertemu dengan Vivin.

Dia mengaku dilematis karena sudah jatuh hati pada kedua wanita tersebut. Dia kemudian meminta persetujuan Linda dan Vivin untuk sama-sama dinikahinya.

Pertemuan itu dilakukan ketiganya pada pertengahan Agustus 2021. Tak disangka-sangka, Linda dan Vivin setuju.

Setelah menikah, Jek memutuskan membawa kedua istrinya untuk tinggal bersama di Jakarta Barat. Sementara ini, dia masih berkumpul bersama kedua istrinya di Desa Muara Saling.

 

 

Source : https://news.detik.com/berita/d-5718238/mui-nasihati-pria-sumsel-nikahi-2-wanita-sekaligus-ingatkan-adil-itu-sulit/2

Foto : https://sumsel.idntimes.com/news/sumsel/muhammad-rangga-erfizal/pria-di-sumsel-nikahi-2-perempuan-sekaligus-dalam-sepekan